6 Pasar Kuliner Tradisonal di Jogja

Jogja adalah salah satu destinasi wisata yang lengkap dengan beragam budayanya, baik budaya yang bersifat adat atau kultur, budaya seni, budaya cagar alam sampai dengan budaya kuliner. Nah Jogja merupakan salah satu kota dengan surganya budaya kuliner. Hal ini ditandai dengan banyaknya pasar kuliner tradisional di Jogja.

Dari penelusuran kami dari kembalikejogja, setidaknya ada 6 pasar kuliner tradisional yang wajib kalian sambangi jika berlibur ke kota ini. Pasar kuliner tradisional tersebut antara lain :

  1. Pasar Kuliner Condronegaran
  2. Pasar Kuliner Kotagede
  3. Pasar Kuliner Beringharjo
  4. Pasar Kuliner Pathuk
  5. Pasar Kuliner Bantul
  6. Pasar Kuliner Kebon Empring

Bagaimana unik dan serunya dari masing-masing pasar kuliner tradisional yang kami ulas, yuk baca sampai habis artikel ini, dijamin kalian akan langsung auto kangen Jogja.

1. Pasar Kuliner Condronegaran

Pasar kuliner tradisional Jogja yang pertama adalah Pasar Condronegaran. Pasar ini sebenarnya hanya pasar tradisional umum yang menjual berbagai macam sembako dan sayur-mayur di pagi harinya. Hanya saat sore pasar ini disulap menjadi pasar kuliner.

Pasar Kuliner Tradisional Condronegaran

Makanan Khas Pasar Condronegaran

Jenis makanan yang dijual di pasar ini antara lain dimsum, nasi goreng, mie godog, bihun goreng/godog, bakso, mie ayam. Sedangkan aneka minuman yang dapat dijumpai di sini adalah wedang ronde, wedang bajigur, wedang jahe, teh dekoq, kopi dan aneka minuman saset baik panas maupun dingin.

Untuk masalah harga anda tidak usah khawatir, gak ada yang mahal di sini, sekalipun anda membawa keluarga anda untuk berwisata kuliner di sini.

Lokasi Pasar Condronegaran

Pasar ini masih terletak di Kota Jogja walau sudah agak minggir. Lokasi tepatnya adalah di Gedongkiwo, Mantrijeron, Kota Yogyakarta.

Waktu Terbaik ke Pasar Condronegaran

Pasar kuliner tradisional Condronegaran mulai buka dari sore jam 17 sampai dengan malam hari pukul 22. Sedangkan di pagi hari sampai dengan siang pasar ini merupakan pasar umum masyarakat, yang kemudian disore harinya berubah menjadi pasar kuliner.

Waktu yang terbaik dan enak ke sini kalo menurut saya ya habis maghrib, pas sekali karena waktunya jam makan malam.

Dan ingat, jangan sampai kalian datangnya pagi hari ya, karena masih berfungsi sebagai pasar umum masyarakat, pasar kulinernya baru buka sore hari, jangan sampai salah waktu.

Artikel lengkap berikut ulasannya tentang Pasar Kuliner Condronegaran dapat anda baca di sini.

2. Pasar Kuliner Kotagede

Pasar kuliner tradisional jogja yang kedua adalah Pasar Legi Kotagede. Merupakan pasar tradisional tertua yang ada di Jogja. Pasar ini sampai sekarang bentuknya pun masih tradisonal dan belum dirubah menjadi pasar modern seperti pasar tradisional lain pada umumnya.

pasar kuliner tradisional jogja
Pasar Kuliner Tradisional Kotagede

Makanan Khas Pasar Kotagede

Aneka makanan khas tradisional masih banyak dijumpai di sini, antara lain cenil, kue kipo, legomoro, gethuk, sate kulit ayam, jadhan manten, kue kembang waru, geplak, wingko babat, jenang sumsum, gronthol, nasi jagung dan wajik

Lokasi Pasar Kotagede

Pasar Kotagede beralamat di Jl. Mondorakan, Kelurahan Purbayan, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55173

Waktu Terbaik ke Pasar Kotagede

Untuk pasarnya sendiri secara umum selalu buka selama 24 jam, artinya tidak pernah tutup. Hanya jika anda ingin berburu kuliner tradisionalnya, ada dua sesi di sini, yaitu panganan tradisional ringan yang mulai buka sejak subuh sampai dengan jam dzuhur, dan makanan-makanan berat tradisional yang mulai berjualan sejak sore sampai dengan malam hari.

Artikel lengkap berikut ulasannya tentang Pasar Kuliner Kotagede dapat anda baca di sini.

3. Pasar Kuliner Beringharjo

Pasar kuliner tradisional Jogja yang ketiga adalah pasar terbesar yang ada di Jogja, yaitu Pasar Beringharjo. Karena letaknya di jalan utama Malioboro, pasar ini jadi primadona bagi mereka yang mencari oleh-oleh atau berburu kuliner tradisional.

pasar kuliner tradisional jogja
Pasar Beringharjo

Lokasi Pasar Beringharjo

Pasar ini terletak di pusat Kota Jogjakarta, dekat dengan alun-alun utara dan Keraton Jogja, persisnya adalah di Jl. Margo Mulyo No.16, Kelurahan Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

Makanan Khas Pasar Beringharjo

Banyak sekali makanan khas yang dapat disantap di sini, dijamin bikin ngeces lho😋 . Dan yang perlu diingat harga-harganya juga sangat terjangkau.

Makanan tradisional yang bisa dijumpai di sini adalah sate kere, sego empal, soto pithes, gado-gado, bakmie penthil, puyuh bacem, pecel pincuk, jenang sumsum, jenang mutiara, jenang wajik, jenang biji salak, es dawet, dan sop kembang waru.

Waktu Terbaik ke Pasar Beringharjo

Para pedagang kuliner tradisional yang ada di Pasar Beringharjo rata-rata sudah mulai menjajakan aneka jualannya sejak pukul 8 pagi sampai dengan sore jam 16. Jadi bagi kalian para traveller yang sedang berwisata di kawasan Malioboro gak akan terlalu khawatir mencari kudapan, tinggal merapat saja ke Pasar Beringharjo.

Artikel lengkap berikut ulasannya tentang Pasar Kuliner Beringharjo dapat anda baca di sini.

4. Pasar Kuliner Pathuk

pasar kuliner tradisional jogja
Pasar Pathuk

Lokasi Pasar Pathuk

Pasar ini merupakan kawasan akulturasi china-jawa, letaknya di sebelah barat Malioboro, tepatnya di Jl. Bhayangkara, Kelurahan Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55261.

Makanan Khas Pasar Pathuk

Dikarenakan pasar ini adalah akulturasi dari budaya china dan Jogja, maka Pasar Pathuk adalah satu-satunya pasar di Jogja yang menyediakan daging babi, begitupun dengan kulinernya ada yang dari olahan daging babi.

Tapi buat sobat kembalikejogja yang muslim gak usah khawatir, makanan yang halal juga banyak di sini, dan tidak perlu khawatir juga karena penjualnya Insyaa Allah jujur semua. Mereka (para penjual) akan bilang kalo di salah satu menunya ada daging babi. Karena bagi sobat muslim biasanya tidak akan mau jika salah satu menu dari yang dijual mengandung daging babi.

Kuliner tradisional khas yang dapat dijumpai di sini antara lain nasi kuning, martabak telur puyuh, nasi langi, jenang gempol, kue rangi, ayam panggang klaten Mbah Pur, babi kecap, babi panggang, pecel Mbak Tatik, jamu peres asli, bakpau, wedang tahu (tahok) dan tentu saja andalan dari daerah pathuk ini adalah bakpianya.

Waktu Terbaik ke Pasar Pathuk

Untuk dapat menikmati aneka kuliner di pasar ini, rata-rata penjualnya berjualan di pagi hari, dan menjelang siang sudah ludes habis. Terkecuali untuk restoran yang menjual menu dari daging babi, mereka buka sampai malam hari.

Artikel lengkap berikut ulasannya tentang Pasar Kuliner Pathuk dapat anda baca di sini.

5. Pasar Kuliner Bantul

Pasar Bantul

Lokasi Pasar Bantul

Lokasi Pasar Bantul ini di pusat Kota Bantul, dekat dengan alun-alun Paseban Bantul dan Kantor Pemda Bantul, tepatnya di Jl. Jendral Sudirman, Dusun Kurahan, Kelurahan Bantul, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55711.

Makanan Khas Pasar Bantul

Berbagai macam jajanan pasar dan makanan tradisional ada di jual di Pasar Bantul, mulai dari lupis, klepon, pisang aroma, tela-tela, sate ayam, otak-otak, pecel, bubur ayam jakarta, tongseng ayam kampung dan wedang ronde.

Waktu Terbaik ke Pasar Kuliner Bantul

Di Pasar Bantul ada pedangang yang mulai menjajakannya sejak pagi sampai siang, dan ada yang dimulai sejak sore sampai dengan malam hari.

Untuk jajanan camilan tradisional rata-rata buka pagi sampai siang, tetapi untuk makanan-makanan berat rata-rata buka sore sampai dengan malam hari.

Di Pasar Bantul sendiri disediakan area khusus kuliner yaitu di lantai 2 pasar. Aneka macam makanan dan jajanan bisa ditemui di sini, dan yang seru disediakan area CoWorker di lantai ini, untuk memancing anak-anak muda penuh kreatif berkantor dan bekerja dari sini.

Atau jika ingin agak unik silahkan datang sore sampai malam, di mana halaman depan Pasar Bantul berubah menjadi streetfood, dengan berbagai macam pedangang mengelar lapaknya di sini.

Artikel lengkap berikut ulasannya tentang Pasar Kuliner Bantul dapat anda baca di sini.

6. Pasar Kuliner Kebon Empring

Pasar kuliner tradisional ke-6 yang kami ulas ini mungkin yang paling unik ya. Karena bukan merupakan pasar tradisional seperti pada umumnya, tapi merupakan sebuah area yang disulap menjadi tempat makan kulineran tradisional, tempat itu adalah Pasar Kebon Pring.

pasar kuliner tradisional jogja
Pasar Kebon Empring

Lokasi Pasar Kebon Pring

Lokasi dari pasar buatan kulineran tradisional ini terletak di Dusun Bintaran Wetan, Kelurahan Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, DI. Yogyakarta 55792, sekitar 32 km dari titik 0 (nol) KM Jogja ke arah Timur.

Makanan Khas di Pasar Kuliner Kebon Pring

Setidaknya ada 25 jenis makanan dan minuman yang bisa dinikmati di Pasar Kuliner Kebon Empring ini, mereka antara lain nasi gemak, nasi wader, nasi wiwit, sayur asem, sate kere, lontong sayur, sate padang, pecel lele, mie lethek, es kuwud, es tebu, dawet batok, wedang ronde dan kopi bumbung.

Waktu Terbaik Berkunjung ke Pasar Kuliner Kebon Pring

Di saat akhir pekan tempat ini selalu dikunjungi banyak wisatawan. Maka jika anda ingin menikmatinya agak private silahkan datang dihari-hari biasa, jangan saat musim liburan, atau akhir pekan.

Membawa keluarga bercengkrama dengan anak-anak sangatlah mengasikan di sini. Sambil menikmati aneka kuliner yang dijual, bisa sekaligus relaksasi medengar dan melihat gemericik air sungai yang mengalir disebelahnya.

Artikel lengkap berikut ulasannya tentang Pasar Kuliner Kebon Empring dapat anda baca di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.